MEMUSIKALISASI PUISI

Ada beberapa istilah Musikalisasi Puisi, ada yang menyebutkan Poetry Singing, Tembang Puitik, Musik Puisi, musisi Amir Pasaribu menyebutkannya Musiklisasi Syair, atau barangkali ada istilah yang lain. Kegiatan bermusikalisasi puisi sudah berlangsung cukup lama, bahkan Sunan Kalijaga juga sudah memusikalisasikan puisi,banyak ajaran sunan Kalijaga yg berupa syair, ditembangkan (Latief Noer, “Musik Puisi Dari Istilah ke Aksi” / Musik Puisi jalan Pintas Menuju Sukses, Penerbit Pustaka Sastra LkiS Yogyakarta 2005).

Selain itu, dalam catatan sejarah musik dunia, pada jaman Renaissance (abad ke 14 sampai abad ke 17) “Para komponis Renaissance membuat musik untuk menekankan arti dan emosi dari teks lagu, sebagai contoh: kata kata puitis seperti “NAIK KESORGA” biasanya akan diwakili dengan serangkaian notasi yang bergerak meninggi dst” (“Catetan Musik Musik Reaniassance” http://ignatantri.multiply.com). Sementara itu, dalam catatan sejarah musik Indonesia modern, musikalisasi puisi sudah ada sejak tahun 1940-an.

Pemusik dan penyair harus saling paham tentang bagian bagian dari karyanya. Rangkaian (motif) musik dan rangkaian (motif) syair harus sama. Karena kalau tidak sama akan mengakibatkan pengertiannya jadi berbeda, atau bahkan tidak bisa dipahami. Contoh kasus : sebuah lagu judul RINDU. Perhatikan rangkaian (motif) syairnya : Rindu lukisan/mata suratan/ hatiku nan merindu. Kita semua pasti susah memahami dan memaknai maksud dari syair tersebut. Mengapa?, karena rangkaian (motif) musik dan rangkaian (motif) syair tidak sama. Sekarang kalau kita ubah sedikit, maka akan lebih jelas artinya. Rindu lukisan mata/ suratan hatiku nan merindu. Contoh yang lain : lagu berjudul First Love. Perhatikan rangkaian (motif) syairnya : They all say I’m not the same/ kid I used to be. Seharusnya kata Kid tergabung dalam rangkaian (motif) syair pertama (they all say I’am not the same kid/ I used to be), tetapi karena rangkaian (motif) musiknya tidak mencukupi, maka kata Kid diikutkan kerangkaian (motif) musik kedua. Persoalannya selesai, tapi maknanya jadi tidak jelas.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: